Kunjungan Team Craff Jakarta ke Pengrajin Anyaman Mendong di Desa Kaliploso

  28 Februari 2019  |  DESA KALIPLOSO

Kunjungan Team Craff Jakarta ke Pengrajin Anyaman Mendong di Desa Kaliploso

Ditengah perkembangan industri global yang semakin gencar pada masa sekarang ini, teknologi dan digitalisasi seakan medominasi gaya hidup masyarakat. Hal ini membuat budaya kearifan lokal semakin menghilang seperti pengrajin ayaman mendong. Kerajinan yang sebagian besar dilakukan oleh orang tua ini pernah menjadi mata pencaharian masyarakat desa. Akan tetapi kondisi sekarang ini dengan maraknya produk-produk sintetis membuat keberadaan pengrajin anyaman semakin berkurang.

Desa Kaliploso yang berada di Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi keberadaan orang-orang pengrajin anyaman mendong ini masih tumbuh. Sebagai salah satu desa pertanian, bahan baku anyaman mendong masih dapat dijumpai diareal persawahan. selain itu, beberapa pengrajin tikar yang terbuat dari bahan alam ini masih bisa berproduksi dirumah-rumah masyarakat. Seperti halnya, Ibu Budiasih warga Dusun Plosorejo Desa Kaliploso yang setiap hari terus membuat anyama mendong.

Anyaman Mendong atau yang biasa disebut "Kloso Mendung" oleh masyarakat sekitar memiliki nilai estetika tinggi. Selain nuansanya yang klasik, Kloso mendong ini juga ramah lingkungan. Oleh karena, produk ini sangat cocok dengan masa saat ini mengingat peranan bahan sintetis atau plastik menimbulkan masalah serius bagi kelestarian alam.

Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dari berbagai bidang untuk kembali menghidupkan pengrajin ayaman yang berbahan baku tanaman alami. Peningkatan kreatifitas pengrajin melalui pelatihan-pelatihan sangat diperlukan untuk menghasilkan produk produk anyaman dari mendong ini sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Kunjungan dari Team Handicraff Jakarta pada hari Kamis tanggal 28 Pebuari 2019 kali ini sangat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Kehadiran mereka dapat memberikan suport moral untuk tetap berkreasi dalam menjaga salah satu budaya kearifan lokal yakni ayaman mendong. Selain itu, diharapkan dapat memberikan peluang peluang pasar untuk memastikan penjualan produk kerajinan ini. rgl_ang

#savekarifanlokal

#banggaberdesa

#desakaliploso

 

Contact Details

  Alamat :   Jalan Raya Plosorejo no. 21
  Email : desakaliploso@gmail.com
  Telp. : (0333) 392366 WA : +6283836942460
  Instagram :
  Facebook : desa kaliploso
  Twitter : desakaliploso@gmail.com


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi